3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 08 Mei 2022, 19:39:12 WIB GURU PENGGERAK
3.2.  Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Gambar : 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


Pendahuluan

Surat dari Instruktur

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak, selamat berjumpa kembali dalam modul pelatihan Calon Guru Penggerak! Saat ini kita masuk pada modul tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

Seperti yang kita ketahui bersama, sekolah wajib membangun ekosistem yang dapat merangsang kreativitas untuk menunjang keberhasilan tujuan pendidikan. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat tergantung pada cara pandang sekolah melihat ekosistemnya: apakah sebagai kekuatan atau sebagai kekurangan. Sekolah yang memandang semua yang dimiliki adalah suatu kekuatan, tidak akan berfokus pada kekurangan tapi berupaya pada pemanfaatan aset yang dimiliki.

Modul ini merupakan bagian dari paket modul 3 yang juga merupakan modul terakhir dari tiga modul yang digunakan dalam pelatihan guru penggerak. Seperti pada modul yang lain, kami yakin kita sudah terbiasa dengan proses pelatihan yang lebih bermakna dan reflektif. Pada modul ini pun Anda akan melakukan serangkaian kegiatan pelatihan mulai dari eksplorasi mandiri, diskusi, tanya jawab, konsultasi daring, serta membuat aksi nyata yang akan membuktikan terjadinya perubahan yang lebih baik lagi sebagai seorang pendidik.

Modul ini disusun dengan harapan di akhir setiap fase pembelajaran, Anda akan selalu merefleksikan semua pemahaman yang didapatkan dengan apa yang terjadi dalam keseharian kegiatan Anda sebagai pendidik. Kita tahu bahwa pada proses pembelajaran apa pun sifatnya adalah personal, maka proses pembelajaran pada modul pelatihan ini akan lebih bermakna apabila kita menghubungkan dan mengimplementasikannya dalam kegiatan kita di sekolah.

Selamat mengeksplorasi materi dalam modul ini, semoga kita semua banyak mendapatkan pencerahan selama proses pelatihan berlangsung sekaligus menjadikan kita Guru Penggerak yang dapat mengubah dan membawa pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Salam Merdeka,

Instruktur 

Simaklah pengantar dari instruktur pada vidio dibawah 

Capaian Pembelajaran Umum

Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah CGP mampu : 

  1. Mengidentifikasi dan mendapatkan sumber daya dari berbagai sumber yang sah untuk menjalankan program sekolah
  2. Menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar

Capaian Pembelajaran Khusus

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

  1. Menganalisis aset dan kekuatan dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien.
  2. Merancang pemetaan potensi yang dimiliki sekolahnya menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development).
  3. Merancang program kecil menggunakan hasil pemetaan kekuatan atau aset yang sudah dilakukan.
  4. Menunjukkan sikap aktif, terbuka, kritis dan kreatif dalam upaya pengelolaan sumber daya.

Isi Materi Modul

  1. Peran dan fungsi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
  2. Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah dan sekitarnya.

Alur Belajar MERRDEKA

Mulai dari diri

  1. CGP mengingat ulang pengetahuan mereka tentang faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sekolah dengan mengisi pertanyaan yang ada.
  2.  CGP merefleksikan hasil diskusi dari pengetahuan awal tentang materi ini dengan keadaan di sekolahnya.
  3. CGP mengajukan pertanyaan dan harapan tentang materi ini.

Eksplorasi konsep

  • Berpikir berbasis aset dan berpikir berbasis kekurangan/masalah
  • Strategi pengelolaan sumber daya menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD)
  • Pemetaan sumber daya yang ada di daerah dan sekolah menggunakan tujuh aset/sumber daya berdasarkan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset-Based Community Development)
  • Forum Diskusi: CGP mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait materi dari Eksplorasi konsep sebelumnya dengan seluruh CGP dan dipandu oleh fasilitator

Ruang kolaborasi

  • CGP mengidentifikasi berbagai sumber daya daerah dan strategi pemanfaatannya secara efektif
  • CGP melakukan telaah sumber daya yang dimiliki daerahnya dengan cara bekerja dalam kelompok kecil. Setiap kelompok memilih satu jenis sumber daya yang akan didiskusikan dari 7 sumber daya yang ada, dan hasilnya dipresentasikan dalam galeri virtual dan akan mendapatkan umpan balik dari peserta lain.

Refleksi Terbimbing

  • CGP melakukan refleksi dan metakognisi terhadap cara pandang yang sebelumnya melihat dari sisi masalah dan kekurangan sekolah dari semua sumber daya yang ada, memandang dari sisi aset dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah.
  • CGP mengambil makna dari pengalaman belajar dan dapat melakukan refleksi yang dipandu oleh fasilitator dalam ruang konsultasi kelompok yang ada.

Demonstrasi kontekstual

  • CGP menerapkan pemetaan aset yang dimiliki oleh sekolahnya melalui penugasan mandiri.
  • CGP menganalisis sejauh mana potensi kekuatan aset yang dimiliki sekolah dibandingkan dengan semua sumber daya yang seharusnya dimiliki sesuai dengan peraturan negara.

Elaborasi pemahaman

CGP mengelaborasi pemahamannya tentang strategi pengelolaan sumber daya melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan narasumber dan fasilitator. Pertanyaan-pertanyaan akan diberikan untuk menggali pemahaman CGP.

Koneksi antar materi

  • CGP membuat kesimpulan yang diunggah ke dalam sosial media dalam bentuk yang diinginkan, seperti video, artikel, infografis, powerpoint, lagu, dan lainnya.
  • CGP juga membuat rencana perubahan secara rinci dengan menggunakan format BAGJA (Buat pertanyaan; Ambil pelajaran; Gali mimpi; Jabarkan rencana; dan Atur Eksekusi) yang sudah pelajari pada modul 1.3 “Visi Guru Penggerak”.

Aksi nyata

CGP mempraktikkan pengetahuan dan keterampilannya tentang pengelolaan sumber daya yang memanfaatkan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.

CGP akan mengimplementasikan rencana perubahan kecil yang sudah ditulis pada pembelajaran sebelumnya. Proses implementasi rencana tersebut akan didokumentasikan dalam bentuk jurnal positif harian dan diunggah ke dalam google drive yang tersedia.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment