7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Kesehatan Mata
Manfaat Kantong Teh Celup Bekas

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 29 Mei 2021, 14:18:43 WIB Kesehatan
7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Kesehatan Mata

Gambar : Ilustrasi Kantong Teh Bekas


Liputan6.com, Jakarta Manfaat kantong teh celup bekas ternyata bisa digunakan untuk merawat mata. Berbagai gangguan mata bisa kamu atasi dengan menggunakan kantong teh celup bekas. Hal ini tentunya sangat berguna, daripada kamu langsung membuangnya.

Namun, tentunya kamu tidak bisa menggunakan sembarang jenis the celup. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis teh celup seperti teh hitam, teh putih, atau teh hijau. Selain itu, teh herbal juga bisa digunakan, seperti teh chamomile, teh melati, dan teh daun mint. 

Manfaat kantong teh celup bekas untuk kesehatan mata tentu tidak boleh sembarangan. Kamu harus memperhatikan berbagai kondisi, seperti kebersihan dan kesehatan mata. Hal ini karena mata merupakan area yang cukup sensitif.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/10/2020) tentang manfaat kantong teh celup bekas untuk kesehatan mata.

Cara Menggunakan Kantong Teh Celup Bekas untuk Kesehatan Mata

 

 

 

 

Sebelum mengenali berbagai manfaat kantong teh celup bekas untuk kesehatan mata, kamu harus mengetahui cara pakainya terlebih dahulu.

Berikut cara menggunakan kantong teh celup bekas untuk kesehatan mata:

  1. Pertama-tama, gunakan teh celup seperti biasa untuk membuat teh.
  2. Lalu ambil kantong teh tersebut dan peras airnya supaya tidak terlalu basah.
  3. Kemudian, diamkan kantong teh sampai dingin atau simpan di dalam kulkas selama 10-20 menit.
  4. Setelah itu, tempelkan kantong teh pada mata (tutup mata) sambil melakukan pijatan lembut dengan jari di sekitar area mata. Lakukan hal ini selama 15-30 menit.

Dalam penerapannya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  • Jangan tempelkan kantong teh celup ke mata saat masih panas, hal ini justru akan mengiritasi mata.
  • Pastikan kantung teh bekas yang akan digunakan cukup bersih dan tidak sobek. Gunting bagian talinya, supaya tidak mengganggu. Hindari kantong teh yang dirapatkan menggunakan staples.
  • Perhatikan selalu kebersihan tangan kamu dengan mencuci tangan sebelum menerapkan perawatan ini.
  • Hapus riasan makeup terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan, terutama di bagian mata.
  • Selama proses perawatan, jangan menggosok atau menyentuh mata. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari iritasi pada mata. Bila muncul rasa gatal atau panas, hentikan perawatan ini dan segera periksa ke dokter.

Dalam penerapan merawat kesehatan mata dengan kantong teh celup bekas ini, kamu harus berhati-hati, karena mata adalah area yang sensitif. Selain itu, kamu juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Kesehatan Mata

Melembapkan Mata Kering

Bagi kamu yang memiliki mata kering, manfaat kantong teh celup bekas juga bisa digunakan untuk melembapkan mata. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang sering melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau seharian bekerja di ruangan ber-AC. Kamu bisa menggunakan teh hitam untuk melembapkan mata kering.

Menyamarkan Mata Panda

Mata panda juga bisa diatasi dengan manfaat kantong teh celup bekas. Lingkaran hitam di sekitar mata ini biasanya terjadi saat kamu kurang tidur. Hal ini tentunya sangat mengganggu penampilan. Untuk itu, kamu bisa mengggunakan teh hitam atau teh hijau yang mengandung kafein untuk melancarkan kembali pembuluh darah sekitar mata dan menyamarkan lingkaran hitam yang muncul.

Mengatasi Mata Lebam

Manfaat kantong teh celup bekas untuk kesehatan mata berikutnya adalah mengatasi lebam. Lebam, bengkak, atau memar pada mata juga bisa diobati dengan teh lavender dan teh chamomile. Teh tersebut membantu meredakan perdarahan dalam serta menenangkan kulit iritasi dan meredakan nyeri.

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Kesehatan Mata

Meredakan Mata Bintitan

Manfaat kantong teh celup bekas untuk kesehatan mata yang pertama adalah dapat meredakan bintitan. Mata bintitan biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil di tepi pelupuk mata. Kamu bisa menggunakan teh hitam dan teh chamomile untuk mengobati bintitan karena memiliki sifat antibakteri sehingga mencegah iritasi mata.

Mengatasi Mata Bengkak

Kandungan flavonoid, yaitu salah satu antioksidan dan tanin dalam teh hitam dan teh hijau memiliki efek positif untuk mata bengkak. Kandungan tersebut juga membantu menjaga kulit di sekitar mata tetap kencang. Selain itu, kafein bisa menyempitkan pembuluh darah dalam jaringan sehingga mengurangi pembengkakan. Kamu juga bisa menggunakan teh chamomile untuk menenangkan mata yang meradang.

Menyembuhkan Mata Merah

Manfaat kantong the celup bekas berikutnya adalah menyembuhkan mata merah. Teh calendula, teh chamomile, dan teh adas memiliki potensi meredakan gejala mata merah. Teh ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang mengalir dari mata, sekaligus mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Sementara itu, teh hijau memiliki khasiat antimikroba yang bisa menangkal bakteri penyebab iritasi dan kemerahan.

Mengatasi Gejala Rosacea pada Mata

Penyakit kulit rosacea sering kali menyebar ke area sekitar mata. Menggunakan teh lavender, teh chamomile, dan teh hijau dapat mengurangi gejala rosacea seperti kemerahan dan iritasi.

Sumber: https://hot.liputan6.com/read/4378383/7-manfaat-kantong-teh-celup-bekas-untuk-kesehatan-mata

Oleh:  




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment