CONTOH KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEKOLAH PENGGERAK (PSP) DAN INSTRUMEN VALIDASI
Dokumen KOSP SD Negeri 4 Talaga Jaya

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 18 Jul 2022, 20:00:25 WIB SEKOLAH PENGGERAK
CONTOH KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEKOLAH PENGGERAK (PSP) DAN INSTRUMEN VALIDASI

Gambar : COVER KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEKOLAH PENGGERAK (PSP)


Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi,dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Untuk mencapai tujuan di atas, sekolah membutuhkan sebuah dokumen sebagai acuan dalam menjalankan program belajarnya. Dokumen ini merupakan dokumen Kurikulum Operasional SD Negeri 4 Talaga Jaya yang disusun sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Penyusunan Kurikulum Operasional SD Negeri 4 Talaga Jaya ini mengakomodir kebutuhan para murid mengembangkan kemampuan ketrampilan abad 21 yang meliputi integrasi PPK, literasi, 4C (Creative, Critical thinking, communicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum operasional ini disusun dengan beberapa alasan:

1.         Sebagai pedoman dalam mengembangkan kurikulum

2.         Sebagai pedoman mengevaluasi program sekolah

3.         Sebagai acuan untuk perencanaan program selanjutnya

4.         Sebagai bahan informasi untuk para pemangku kepentingan

Kurikulum Operasional SD Negeri 4 Talaga Jaya  adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh SD Negeri 4 Talaga Jaya. Secara khusus kurikulum operasional SD Negeri 4 Talaga Jaya  Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah yang dikembangkan sesuai dengan kondisi SD Negeri 4 Talaga Jaya  serta saran Komite Sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan.

Kurikulum Operasional Sekolah ini diberlakukan pada Tahun Pelajaran 2022/2023 yang mencerminkan merdeka belajar dan pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum ini memuat karakteristik satuan pendidikan, profil pembelajar, struktur kurikulum dan rancangan pembelajaran.

Pengembangan Kurikulum Operasional SD Negeri 4 Talaga Jaya  Tahun Pelajaran 2022/2023 ini mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, konsep merdeka belajar, dan pengimplementasian profil pelajar Pancasila. Di samping itu juga Kurikulum Operasional SD Negeri 4 Talaga Jaya  ini merupakan pegangan bagi pengembangan lingkungan SD Negeri 4 Talaga Jaya.

Selengkapnya Dokumen Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan dapat di UNDUH DISINI

Instrumen Validasi Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan dapat di UNDUH DISINI

Panduan Penyusunan KOSP edisi revisi Tahun 2022 di UNDUH DISINI




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Cholik 22 Jul 2023, 08:53:31 WIB

    Ijin ATM pak... dokumen ini sangat membantu kami dalam menyusun KOSP krn kami baru menggunakan IKM

View all comments

Write a comment