Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021 - 2022
Kaldik 2021 - 2022

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 02 Jul 2021, 18:48:28 WIB PEMBINAAN
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021 - 2022

Gambar : Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021 - 2022


Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021 - 2022
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021 - 2022 - bahwa dalam rangkä efektifitss pelsksanaan kegiatan pembelajaran dan guna memantapkan mutu pendidikan, perlu adanya pengaturan penggunaan waktu Sekoläh secara optimal dengan memperhatikan hari belajer efektif Sekolah dan hari libur Sekolah.

Kurikulum Pendidikan 2021 2022 disusun dengan mengacu kegada

  1. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 125/12/2002 targgal 31 Juli 2002 tentang Kalender Pendidikan dan jumlah jarn belajar efektif di Sekolah,
  2. Permerdikbud Na 61 Tahun 2014 Tèrtang Kuriklum Tirgkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan 
  3. Peraturan Menten Pendidikar dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentarg penerimaan Peserta Didik Baru Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Menenaah Pertama„ Sekolah Menengah Atas„ Sekolah Menengah Kejuruan;
  4. Keputusan bersama artara Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dar Menteri  Aperatur dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, dan Namor 4 Tahun 2020 tentang Han Libur Nasional dar Cuti Berrme Tahun 2021
  1. Sekolah adalah Taman Kanak-Kanak (TK), Tamar Kanak-Kanak Luar Biasa (TKLB), Raudatul Atfal (RA), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Luar (SDLB), Madrasah btidayah (Ml), Sekalah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menenpah Pertama Luar Biase (SMPLB), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas  (SMA), Sekolah Menengah Atas Luar Biase (SMALB), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan Aliyah Kejuruan (MAK)
  2. Perencanaan Pengaturan Kelas adalah a. Pengaturan kelas untuk keperluar administrasi Sekolah, b. Pengaturan tempat duduk sesuai jenis dan tingkat Sekolah  tengan memzerhatikan kernampuan dan keadaan fisik, jenis kelamin peserta didik tiap kelas, penempatan denah Sekolah  saper pengumumzr kegiatan lain yang setenis, c. Pengaturan ruang kelas untuk memudahkan peserta didik depat mengetahui ruang belejar mesing-masing
  3. Hari Efektif Sekolah adalah hari yang dipergunakan untuk kegiatan pembelajaran dan kegiatan Iain sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Hari Efektif Belajar Sekolah hari dipergunakan untuk kegiatan pembelmaran sesual dengan ketentuan yarg berlaku.
  5. Minggu Efektif Sekolah/Madrasah adalah jumlah minggu yang digergunakar untuk kegiatar pembelajaran dan kegiatan lain dalam 1 (satu) Tahun PeIajaran.
  6. Semester sistem penyelenggaraan Pendidikan pada Sekolah yang membagi 1 (satu) tahun pelajaran meniadi 2 (dua) semester

  7. Libur Semester adalah libur yang diadakan pada setiap akhir semester,

  8. Libur Akhir Tahun adalah libur yang diadaken pada akhir tahun pelajaran.

  9. Libur Umum adalah Libur yang diadakan untuk memperingati hari besar keagamaan dan hari-hari besar Nasional yang ditetapkar oleh Pemerintah.

  10. Libur Khusus libur yang diadakan sehubungan dengan peringatan keagamaan, keadaan musim, bencana alam atau libur lain diluar ketentuan tentang libur umum yang ditetapkan oleh Pernerintah Daerah.

    Hal-hal lain seperti jeda tengah semester, penilaiar tengah semester, penilaian akhir semester , penilaian akhir tahun dan lain Iain disajikan dalam matrik kalender terlampir sebagai jadwal prakiraan, Daerah atau satuan pendidikan dapat mengatur lebih laniut jadwal pelaksanaan karakteristik dan, kondisi masirg masing, dengzn tetaP mengacu  ketentuan yang berlaku .

    Jadwal disajikan guna sebagai prakiraan sementara, sambil menunggu kebijakan Iebih lanjut dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Tentang Penyelenggaraan Uijan Sekolah bagi siswa kelas Terakhir den Asessmen Nasional.

    Perubahan libur dan Cuti Bersama 2021

    Pemerintah kemball melakukan perubahan libur cuti bersama 2021, hal ini dilakukan sebagai menghindarkan kemungkinan berkumpulnya masyarakat pada suatu waktu tertentu yang berpotensi meningkatkan Jumlah kasus postitif Cavid-19.

UNDUH Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021 - 2022




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment