PERINGATAN ISRA MI\'RAJ NABI MUHAMAD SAW DI SDN 7 TELAGA

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 04 Mar 2022, 14:53:34 WIB Sekolah Binaan
PERINGATAN ISRA MI\

PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMAD SAW DI SDN 7 TELAGA

Peringatan Isra Mi'raj di SDN 7 Telaga dilaksanakan pada tanggal 04 Maret 2022, yang diawali dengan Shalat Dhuha berjamaah di halaman SDN 7 Telaga.

Selesai Shalat Dhuha, dilanjutkan dengan Peringatan Isra Mi'raj yang semua pelaksana acara adalah murid-murid  SDN 7 Telaga Kabupaten Gorontalo, yang diawali dengan Kalam Illahi.

Selanjutnya Pengantar Kata oleh ketua panitia bapak Hais Mootalu, S.Pd. Dalam sambutanya ketua panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini terlaksana berdasarkan program dari SDN 7 Telaga serta berdasarkan rapat dewan guru bersama orang tua murid yang dihadiri oleh pengurus komite.  Hari ini juga ada pengukuhan terhadap badan Infaq SDN 7 Telaga yang semua anggotanya murid-murid SDN 7 Telaga.

Acara selanjutnya adalah Hikmah Isra Miraj yang disampaikan oleh salah seorang murid SDN 7 Telaga. Pada bulan Rajab ada satu peristiwa besar yang tidak boleh dilupakan manusia yakni Peristiwa Isra Miraj. Pengertian Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem. Sementara, Miraj adalah perjalanan Nabi dari bumi menuju Sidratul Muntaha, langit ke tujuh yang merupakan tempat tertinggi. Di hadapan Allah SWT, Rasulullah mendapat perintah salat dengan mewajibkan salat 50 waktu kepadanya dan umat-Nya. Setelah menerima perintah tersebut, Rasulullah kembali ke bawah dan bertemu dengan Nabi Musa.

Nabi Musa menyarankan kepada Nabi Muhammad untuk meminta keringanan kepada Allah SWT. Setelah tiga kali menghadap Allah SWT, Nabi Muhammad akhirnya diberi keringanan oleh Allah SWT untuk melaksanakan salat lima waktu.

Hikmah Isra Miraj selanjutnya disampaikan oleh Kepala SDN 7 Telaga yang juga dikenal sebagai Ustadz beliau ada bapak Rustam Yahya, S.Pd. Intisari dari hikmah yang telah disampaikan adalah Peristiwa Isra Mi’raj diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Ada beberapa dimensi yang dapat dilihat dari peringatan Isra Mi’raj  yakni:

Pertama adalah dimensi waktu. Isra Mi’raj adalah  perjalanan Nabi Muhammad diwaktu malam.

Kedua adalah dimensi tempat. Perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem. Kemudian dilanjutkan dari bumi menuju Sidratul Muntaha, langit ke tujuh yang merupakan tempat tertinggi.

Perjalanan Nabi Muhamad ini ada tujuan yakni beliau adalah diundang oleh Allah untuk menghadap Allah untuk menerima perintah yakni Shalat yang semula 50 waktu, yang sekarang kita laksanakan tinggal 5 waktu shalat.

Selanjutnya Bapak Rustam Yahya, S.Pd Mencanagkan Gerakan Siswa Magrib Berjamaah (GSMB). Gerakan ini akan dilaksanakan bekerja sama dengan Tamirul Mesjid. Harapannya GSMB itu membiasakan murid untuk melaksanakan shalat Magrib berjamaah di Mesjid-mesjid terdekat dengan tempat tinggal siswa.

Kegiatan Selanjutnya adalah sambutan Bapak Kepala Desa Pilohayanga. Dalam sambutanya Kades Pilohayanga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala sekolah, komite, dan seluruh orang tua telah memperingati Isra Mi’raj di Sekolah ini, Sebagai pemerintah desa kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan dan program sekolah yang disampaikan kepsek yakni Gerakan Siswa Menghafal Al-Quran Juz 30, Gerakan Siswa Magrib Berjamaah (GSMB). Kami berharap dukungan orang tua terhadap program-Progran sekolah tersebut.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Komite sekolah dan pengawas bina SDN 7 Telaga dan ditutup dengan doa oleh salah seorang siswa.




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment