Langkah-Langkah Pendaftaran Kurilum Merdeka Tahun 2024

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 28 Mar 2024, 05:28:28 WIB Tupoksi Pengawas Sekolah
Langkah-Langkah Pendaftaran Kurilum Merdeka Tahun 2024

Gambar : Langkah-Langkah Pendaftaran Kurilum Merdeka Tahun 2024


Bagi satuan pendidikan yang belum mendaftar Kurikulum Merdeka, saat ini pendaftaran sudah dibuka (27 Maret - 28 April 2024).

Untuk membantu menentukan waktu implementasi Kurikulum Merdeka sesuai kesiapan satuan pendidikan Anda, mari baca Permendikbudristek no. 12 tahun 2024 secara utuh di bawah ini.:

UNDUH DISINI

FASE PENDAFTARAN

Bulan Maret - April

  • Pelajari Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 sebagai pertimbangan untuk mendaftarkan periode implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Anda.
  • Daftarkan sekolah anda di Platform Merdeka Mengajar  atau https://guru.kemdikbud.go.id/

FASE MEMAHAMI

Bulan Mei

  • Surat Keputusan Penetapan Sekolah Implementasi Kurikulum Merdeka terbit

Bulan Juni

  • Mari pelajari capaian pembelajaran & panduan teknis penyusunan kurikulum satuan pendidikan
  • Jangan lupa aktivasi komunitas belajar, penting untuk membantu Anda saling belajar dan berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka.

FASE PERENCANAAN

Bulan Juli

  • Mulai menyusun kurikulum satuan pendidikan dan rencana pembelajaran secara bertahap. Manfaatkan contoh yang sudah disediakan di Platform Merdeka Mengajar.

FASE IMPLEMENTASI

  • Mari mulai menerapkan Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kompetensi dan karakter semua murid! dan Mari terus refleksikan dan perbaiki kualitas pembelajaran!

Kapan saya perlu mulai menerapkan Kurikulum Merdeka?

  • Bapak/ibu dapat memilih untuk mulai menerapkan Kurikulum Merdeka dari tahun ajaran 2024, 2025, atau 2026 sesuai dengan kesiapan sekolah Anda.

Bagaimana cara mendaftar Kurikulum Merdeka?

Berikut 4 Langkah Mudah pendaftaran Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar (PMM):

  1. Masuk ke Platform Merdeka Mengajar dengan Akun belajar.id milik kepala satuan pendidikan Anda dan jangan lupa, pastikan Akun belajar.id Anda telah terhubung dengan PMM.

2. Cari Kolom Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka pada bagian “Kegiatan terkini” di beranda PMM Anda. Lalu klik “Buka Pendaftaran”.

3. Mulai Proses Pendaftaran di halaman Pendaftaran Kurikulum Merdeka untuk
    memulai proses pendaftaran. Silakan klik “Daftarkan sekarang” pada satuan  
    pendidikan yang diinginkan. Catatan: Untuk Satuan Pendidikan swasta perlu
    mengunggah surat pernyataan dari yayasan ketika melakukan proses pendaftaran, ya! 

4. Pilih Opsi Implementasi sesuai dengan kesiapan satuan pendidikan Anda (2024/2025, 2025/2026, ataupun 2026/2027). Setelah memilih opsi, Klik “Pilih dan selesaikan pendaftaran” untuk menyelesaikan. Jangan lupa cek kembali rekap pendaftarannya ya!

Apa yang dapat saya lakukan setelah selesai mendaftar?

Anda bisa mengubah periode implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Anda hingga 3 kali sebelum pendaftaran Kurikulum Merdeka ditutup.

1.  Apakah Kurikulum Merdeka akan diterapkan secara nasional?

Ya. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum nasional yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat sebagai acuan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan berdasarkan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024.

2. Mengapa satuan pendidikan masih perlu mendaftar Kurikulum Merdeka jika pada akhirnya akan menjadi Kurikulum Nasional?

Pendaftaran hanya diperuntukan bagi satuan pendidikan yang belum mendaftar Kurikulum Merdeka di tahun sebelumnya. Pendaftaran dilakukan agar Kemendikbudristek dapat melakukan pendataan kesiapan masing-masing satuan pendidikan.

3. Apakah satuan pendidikan yang sudah pernah mendaftar Kurikulum Merdeka di tahun sebelumnya, perlu mendaftar kembali di tahun ini?

Tidak perlu. Satuan pendidikan yang sudah pernah mendaftar Kurikulum Merdeka di tahun sebelumnya, termasuk Sekolah Penggerak dan SMK-PK, tidak perlu mendaftar kembali karena sudah menerapkan implementasi Kurikulum Merdeka.

4. Apa syarat dan ketentuan pendaftaran Kurikulum Merdeka di PMM?

1. Seluruh satuan pendidikan selain Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan yang belum mendaftar Kurikulum Merdeka di tahun sebelumnya.
2. Bagi sekolah swasta wajib memiliki surat pernyataan yang berisi bahwa yayasan/institusi Anda mengizinkan sekolah untuk mendaftar Kurikulum Merdeka.
3. Kepala sekolah atau Pit kepala sekolah memiliki Akun belajar.id yang aktif.
4. Pendaftaran bisa dilakukan oleh kepala sekolah/Plt kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, atau admin sekolah, namun tetap login menggunakan Akun belajar.id kepala sekolah/Plt.

5. Apa saja opsi yang diberikan pada pendaftaran Kurikulum Merdeka di tahun ini?

Terdapat empat opsi implementasi Kurikulum Merdeka berdasarkan kesiapan satuan pendidikan:
• Implementasi TA 2024/2025
• Implementasi TA 2025/2026
• Implementasi TA 2026/2027
• Implementasi TA 2027/2028 (khusus satuan PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di daerah 3T yang belum melaksanakan Kurikulum Merdeka)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment