(Materi Pengatar Modul 1.1 - Refleksi Filosofis ) 1.1..a.2. Pendahuluan Modul 1.1. Pengantar

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 28 Jul 2021, 16:34:13 WIB GURU PENGGERAK
(Materi Pengatar Modul 1.1 - Refleksi Filosofis ) 1.1..a.2. Pendahuluan Modul 1.1. Pengantar

Gambar : filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara


1.1.a.2. Pendahuluan Modul 1.1.

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Selamat! Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) telah bersedia menyediakan waktu untuk menjadi bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Program pendidikan ini merupakan wujud komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi murid-murid Indonesia. Melalui individu-individu yang proaktif dan memiliki kepedulian terhadap kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia, maka dibentuklah program pendidikan guru penggerak. 

Selama beberapa bulan ke depan Anda akan diajak untuk mempertajam keterampilan kepemimpinan Anda, menggali lebih dalam tentang jati diri Anda, mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni. Semua kegiatan ini akan dilakukan melalui pelatihan daring (dalam jaringan) maupun tatap muka dengan pemodelan pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik/pelatihan.

Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara menjadi titik awal Anda menjadi agen perubahan dalam transformasi pendidikan di sekolah. Pada Modul 1.1. ini, kita akan membahas lebih mendalam, dan mendemonstrasikan konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal; serta bersikap reflektif  kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.

Pada akhirnya kami harapkan Anda akan menikmati proses perjalanan pembelajaran, menjadi seorang pemimpin pembelajar yang berkualitas dan mandiri. Semoga waktu dan energi yang telah Anda investasikan akan dipergunakan sebaik-baiknya dan tentunya  bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak.

 

Teruslah bertanya, teruslah menggali dan teruslah belajar!

Salam,

Instruktur Modul 1.1




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment