Modul 2.3.A. Coaching
PENDAHULUAN

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 17 Mar 2022, 10:16:34 WIB GURU PENGGERAK
Modul 2.3.A. Coaching

Gambar : Modul 2.3.A. Coaching


2.3.a.2. Pendahuluan

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

 

Selamat datang di modul Coaching. Terima kasih Anda sudah berkomitmen belajar untuk menjadi guru penggerak yang hebat.

Kita semua memahami jika murid kita bukanlah kertas kosong. Mereka datang dengan berbagai latar belakang, kemampuan, dan potensi. Tugas Anda adalah menjadikan latar belakang mereka sebagai pondasi kuat bagi Anda dalam memimpin pembelajaran. Selain itu, Anda juga bertugas meningkatkan kemampuan dan melejitkan potensi mereka. Oleh karena itu, Anda diharapkan memiliki keterampilan yang dapat mengarahkan anak didik untuk menemukan jati diri dan melejitkan potensi mereka.

Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah keterampilan coaching sebagai bentuk pendekatan komunikasi sebagai seorang pendidik. Mengapa keterampilan coaching? Pendekatan Coaching dalam komunikasi diperlukan karena kita melihat para murid kita sebagai sosok merdeka. Sosok yang dapat menentukan arah dan tujuan pembelajarannya, serta meningkatkan potensinya sendiri. Mereka hanya memerlukan dorongan dan tuntunan dari Anda sebagai pemimpin pembelajaran untuk melejitkan potensi mereka. Tentunya ini bukan hal yang mudah karena sebagai pemimpin pembelajaran terkadang kita tergoda untuk berupaya membantu permasalahan murid secara langsung dengan memberikan solusi dan nasehat. Dengan keterampilan coaching dalam berkomunikasi, harapannya anak didik kita menjadi lebih terarah dan dapat menemukan solusinya secara mandiri yang pada akhirnya dapat meningkatkan potensi mereka.

Semoga modul ini dapat membantu Anda dalam memerankan diri Anda sebagai coach bagi murid Anda agar mereka menjadi lebih merdeka, baik merdeka dalam belajar maupun merdeka dalam menentukan arah hidupnya di masa mendatang. Selamat belajar, selamat bereksplorasi tentang coaching.

 

Salam,

Instruktur 

 

Glosarium

coach            : pemberi manfaat dan pelaksana kegiatan coaching

coachee       : penerima kegiatan dan manfaat kegiatan coaching

coaching       : kegiatan percakapan yang menstimulasi pemikiran coachee dan memberdayakan potensi coachee

community of practice    : sebuah kelompok yang terbentuk dengan tujuan berlatih dan mempraktikan materi pelatihan untuk pengembangan bersama

mentee          : penerima kegiatan mentoring

Sumber: LMS Guru Penggerak Kemendikbud




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment