Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 3

By IMRAN TULULI, S.Pd, M.Pd 10 Apr 2022, 21:12:52 WIB SEKOLAH PENGGERAK
Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 3

Gambar : Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 3


Menindaklanjuti proses rekrutmen Kepala Sekolah calon pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan III, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses seleksi tahap ke-1 yang terdiri dari pengisian biodata/CV dan pengisian esai. Kepala Sekolah yang telah lulus seleksi tahap ke-1 akan melanjutkan seleksi tahap ke-2 dengan mengikuti tes simulasi mengajar dan wawancara.

Berkenaan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sejumlah 12.264 kepala sekolah calon pelaksana Program Sekolah Penggerak dari Kabupaten/Kota/Provinsi sasaran PSP Angkatan III dinyatakan lulus seleksi tahap ke-1 (daftar terlampir).

  2. Pelaksanaan seleksi tahap ke-2 (simulasi mengajar dan wawancara) dilaksanakan pada rentang waktu tanggal 9 April s.d. 10 Juni 2022 secara daring.

  3. Jadwal seleksi tahap ke-2 akan disampaikan melalui e-mail dan aplikasi seleksi sekolah penggerak (SIMPKB).

  4. Seluruh peserta seleksi tahap ke-2 diundang untuk mengikuti kegiatan webinar persiapan seleksi tahap ke-2 yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2022. Undangan akan diinformasikan melalui e-mail dan aplikasi seleksi Sekolah Penggerak (SIMPKB).

  5. Merujuk Surat dari Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 1240/B1.B5/GT.01.15/2022 tentang Perpanjangan Waktu SSO SIMPKB. Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan dihimbau untuk melakukan aktivasi dan menggunakan akun belajar.id sebagai layanan satu akun untuk semua dengan konsep Single Sign On (SSO) pada SIMPKB paling lambat tanggal 12 April 2022.

Selanjutnya kami mohon perkenan Bapak/Ibu untuk dapat menyampaikan informasi kepada calon Kepala Sekolah Penggerak yang lulus seleksi tahap ke-1 untuk dapat mengikuti seleksi tahap ke-2 dengan memperhatikan tata cara pelaksanaan seleksi tahap ke-2 dalam lampiran.

 

Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap Ke-2 Kepala Sekolah Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan III Simulasi Mengajar & Wawancara

A.  Petunjuk Umum Seleksi Tahap Ke-2

    1. Pelaksanaan seleksi tahap ke-2 akan dilakukan secara daring (online). (Peserta disarankan menggunakan browser Chrome)
    2. Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar dan Wawancara.
    3. Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara akan dilaksanakan direntang waktu yang sama. Simulasi Mengajar akan dilaksanakan terlebih dahulu selama maksimal 30 menit lalu akan dilanjutkan dengan Wawancara selama maksimal 60 menit. Total pelaksanaan sesi seleksi tahap ke-2 adalah 1 jam 30 menit.
    4. Akan ada 2 (dua) asesor yang akan memberikan nilai untuk seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara.
    5. Peserta seleksi diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi.
    6. Peserta menyiapkan hal-hal berikut untuk mengikuti seleksi tahap ke-2: 

a. Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang terang, dan tersedia akses listrik dan internet,

b.  Alat dan bahan yang diperlukan untuk seleksi,

c. Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan internet,

d. Komputer/Laptop/perangkat      elektronik           dengan kamera video     dan speaker/microphone yang berfungsi dengan baik,

e. Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu menampilkan gambar dan menangkap suara kandidat dengan baik.

  1. 7. Peserta diharapkan dapat melakukan latihan panggilan video menggunakan aplikasi Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.

8. Jadwal pelaksanaan seleksi akan diberikan melalui aplikasi seleksi (SIMPKB) paling lambat pada tanggal 8 April 202 Ikutilah seleksi sesuai jadwal yang diberikan.

9. Jika peserta terputus ditengah pelaksanaan seleksi silahkan mencoba untuk mengakses tautan Google Meet yang sama.

10. Jika mengalami kendala dalam mengikuti seleksi, peserta bisa menghubungi tim pemantau melalui tautan aplikasi Whatsapp/WA yang tersedia di aplikasi.

11. Di awal seleksi asesor akan melakukan konfirmasi identitas. Silahkan siapkan KTP dan menunjukkannya jika diminta.

B. Petjunjuk Khusus Seleksi Simulasi Mengajar

1. Peserta diwajibkan memilih salah satu topik mengajar yang tersedia (sesuai mata pelajaran dan jenjang) melalui tautan berikut: https://bit.ly/TopikRPPSekolahPenggerak2

2. Topik mengajar untuk kepala SLB dan Kepala Sekolah yang sedang atau pernah mengambu mata pelajaran bahasa daerah, TIK, dan Agama bisa menyesuaikan dengan kurikulum pada jenjang yang sedang atau pernah diampu.

3. Kepala Sekolah yang sedang atau pernah mengajar sebagai guru mata pelajaran bahasa asing/bahasa daerah wajib menggunakan bahasa Indonesia dalam meberikan instruksi pembelajaran (80% bahasa Indonesia, 20% bahasa asing/daerah).

4. Siapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran /RPP untuk durasi 10menit dan unggah melalui aplikasi seleksi simPKB sebelum jadwal pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar. (Contoh bagian-bagian RPP terlampir).

5. RPP yang diungah mengacu pada panduan yang terdapat dalam Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019, RPP yang diungah berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan pembelajaran, dan penilaian (assessment) pembelajaran.)

6. Karena pembelajaran akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar. Rencana penilaian pembelajaran wajib disiapkan oleh peserta seleksi walau tidak dilakukan/dilaksanakan dalam simulasi mengajar.

7. Lakukan simulai mengajar selama 10 menit.

8. Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat murid-muridyang mengikuti proses pembelajaran di kelas tersebut.

9. Simulai mengajar dilaksanakan bukan sebgai metode pengajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa malakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.

10. Persiapakn alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi mengajar (Contoh: Rencana Pembelajaran, papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol dll)

11. Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 6 menit. Peserta akan memjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan olah tim asesor

12. Simulai Mengajar akan dihentikan oleh TIM Seleksi/Asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.

13. Letakan komputer/laptop/perangkat elektronik yang dapat menampilkan sekitar 70% dari badan peserta. Berikut adalah bebrapa contoh tampilan kandidat yang diharapkan dalam mengikuti seleksi simulasi mengajar secara daring.

contoh simluasi mengajar sekolah penggerak

Unsur Penilaian Seleksi Simulasi Mengajar

Kompetensi 1 - Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman. 

Peserta menggembangkan pembelajaran dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang

relevan bagi murid dan strategi komunikasi yang baik.

Kompetensi 2 - Memandu dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif.

Peserta memandu pelajaran dengan mempertimbangkan strategi yang dapat membantu murid dalam memperoleh dan/atau menerapkan pengetahuan.

Kompetensi 3 - Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self-regulated learning).

Peserta melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan.

Kompetensi 4 – Mendesain proses belajar mengajar yang efektif

Peserta dapat merancang strategi penilaian yang baik.

C. Tata Cara Pelaksanaan Wawancara

  1. Peserta akan mengikuti seleksi wawancara setelah pelaksanaan seleksi simulasi mengajar.
  2. Peserta meletakkan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap suara dan gambar kandidat dengan baik.
  3. Wawancara akan berlangsung kurang lebih 60 menit, dimana kandidat akan diwawancara oleh 2 orang Tim seleksi/Asesor pada saat yang bersamaan.
  4. Selama wawancara kandidat diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Berikut adalah contoh jawaban yang diharapkan saat wawancara:

Saya mengalami beberapa hambatan saat menjalankan program pola hidup sehat untuk anak murid. Pihak sekolah, orangtua murid, pihak kantin, tidak mendukung implementasi program ini karena beberapa kendala di masing-masing pihak. Selama dua tahun saya melakukan berbagai cara untuk merangkul masing-masing pihak, misalnya dengan memberikan pemahaman mengapa program ini perlu diterapkan, bagaimana cara menerapkannya, apa yang bisa didukung dari masing-masing pihak untuk keberhasilan program ini. Bagaimana mengatasi kekhawatiran yang ditakutkan masing-masing pihak, dan sebagainya. Hasilnya di akhir tahun kedua dan memasuki tahun ketiga ini masing-masing pihak menunjukkan dukungannya terhadap program saya.”

Kompetensi Seleksi Wawancara

  1. Membangun Kerjasama

Menggunakan gaya interpersonal dan metode komunikasi yang sesuai untuk bekerja secara efektif dengan mitra kerja (misalnya pimpinan sekolah, lembaga pemerintahan, insitusi pendidikan, lingkungan masyarakat, dll) guna mencapai tujuan yang saling menguntungkan; membangun jejaring untuk memperoleh kerjasama yang memenuhi kebutuhan berbagai pihak.

  1. Memimpin Perubahan

Secara terus menerus mencari kesempatan atau mendorong orang lain untuk mencari kesempatan melakukan pendekatan yang berbeda dan inovatif dalam mengatasi masalah serta peluang yang dihadapi di sekolah yang dipimpin.

  1. Pembinaan dan Pementoran

Melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee (guru, staf kependidikan, orangtua, atau orang lain), serta memastikan munculnya sikap positif dari coachee (guru, staf kependidikan, orangtua, atau orang lain) yang kelak membantu dan menunjangnya untuk sukses di saat ini dan di masa depan.

  1. Memimpin Implementasi

Menerjemahkan arahan dan strategi menjadi program dan rencana kerja; menyelaraskan komunikasi, akuntabilitas, kemampuan sumber daya, proses internal, serta sistem pengukuran berkala untuk memastikan bahwa arahan dan strategi tersebut terwujud dalam pencapaian hasil yang dapat diukur.

  1. Mendorong Inovasi

Menciptakan lingkungan atau budaya yang menginspirasi orang untuk menghasilkan solusi solusi baru dengan nilai yang terukur untuk kepentingan pembelajaran; mendorong melakukan cara-cara baru untuk menyelesaikan masalah di pekerjaan dan mengambil peluang yang menghasilkan solusi-solusi yang berbeda.

  1. Kematangan Beretika

Pimpinan sekolah yang mampu membangun kepercayaan dengan menunjukkan kematangan emosi dalam berkarya melalui keterbukaan dan kejujuran, berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang, selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral, spiritual, nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.

  1. Orientasi Pembelajar

Secara terus-menerus berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri; membangun lingkungan yang memiliki keinginan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan diri

  1. Tujuan/Misi

Menjalani panggilan hidup sebagai pimpinan sekolah yang memberi dampak positif secara luas, baik bagi anak didik maupun lingkungan sekitar, sehingga terjadi proses transformasi yang menunjukkan kemajuan positif baik bagi dirinya sendiri maupun anak didik dan lingkungan sekitar.

  1. Daya Juang/Resiliensi

Sebagai pimpinan sekolah yang terus berupaya, fokus, dan positif saat mencapai tujuan yang ingin dicapai, serta bangkit kembali saat menghadapi kegagalan mencapai tujuan.

  1. Pengambilan Keputusan Strategis

Sebagai pemimpin sekolah yang mampu mengumpulkan informasi serta mengidentifikasi isu utama dan hubungan yang relevan terkait dengan pencapaian tujuan jangka panjang atau visi sekolah; menjalankan serangkaian tindakan untuk mencapai tujuan jangka panjang atau visi setelah mengembangkan alternatif berdasarkan asumsi logis, fakta, sumber daya yang tersedia, serta aturan dan kebijakan yang ada.

Demikian semoga informasi mengenai Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Pelaksana Program Sekolah Penggerak bermanfaat untuk Anda.

 

Salam merdeka belajar!

Sumber Referensi:
https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/unduhan

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment